Monday, October 1, 2007
Setiap satu bulan dalam setahun yaitu pada bulan Ramadhan, umat islam sedunia mempunyai kewajiban yaitu berupa perintah puasa di bulan yang penuh barokah ini seperti yang tertulis pada surat Al- Baqarah ayat 183 yang artinya hai orang orang beriman kamu diwajibkan berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang orang yang dahulu daripada kamu, agar kamu bertaqwa. Maka menurut ayat tersebut tuyjuan puasa sendiri adalah agar menjadikan kita sendiri sebagai orang yang bertaqwa kepada ALLAH,. Puasa juga melatih kita untuk menhan hawa nafsu agar tidak terjerumus dalam godaan setan. Adapun tujuan lain yaitu agar kita turut merasakan bagaimana rasanya menahan rasa lapar sebagaimana yang dirasakan para fakir. Sebenarnya puasa sendiri bukan hanya untuk menhan lapar dan haus serta dari hal-hal yang membatalkan puasa, puasa lebih menkankan kita untuk lebih mengintrospeksi diri agar menjadi seseorang yang rendah hati karena sewaktu puasa kita dilarang untuk membicarakan kejelekan orang lain, sebaliknya kita harus mengakui kelbihan yang dimiliki oleh orang lain. Di bulan puasa yang penuh maghfirah ini kita sangat dianjurkan untuk mengasihi para fakir, miskin, anak yatim melalui berbagai cara misalnya zakat fitrah, sedekah, memberi makanan, tidak hanya dengan cara itu, kita juga bisa mengasihi merakan dengan lebih menghormati, menghargai serta menyayangi mereka. Selain itu banyak amalan-amalan sunnah yang pahalannya dilipat gandakan misalnya sholat tarawih berjamaah di masjid, tadarus Al-Qur'an, dan masih banyak amalan amalan yang pahalannya digandakan 700 kali lipat oleh ALLAH.



Maka betapa berharganya bulan ramadhan ini, hendaknya kita tidak menyianyiakannya umtuk mendekatkan diri pada ALLAH. Semoga ramadhan kali ini lebih baik dari ramadhan sebelumnya, semoga kita mendapatkan berkah di ramadhan kali ini, semoga kita juga bertemu dengan ramadhan tahun depan amien.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal baik kita sekalin mendapat balasan dari-Nya, amieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen.
 
posted by Nio Rizki at 10:04 AM |


0 Comments: